Latest News

Surah yang Dianjurkan untuk Dibaca oleh Ibu Hamil - KAJIAN



ibu dalam masa hamil serigkali melalaikan beberapa tips yang dianjurkan oleh islam Surah yang dianjurkan dibaca oleh ibu hamil | deruankalbu
Gambar: dikala masa hamil
Bagi ibu-ibu dalam masa hamil serigkali melalaikan beberapa tips yang dianjurkan oleh islam, ingin anak sholeh dan sholeha tetapi kebanyakan sering malas-malasan dan cemas akan kelahiran tiba. hal ini memang pasti menimpa kebanyakan ibu-ibu pada masa hamil, padahal hal tersebut belum tentu terjadi, disetiap perkara atau problem memang perlu menanamkan positive fatwa yakni berperasangka baik terhadap sesuatu. untuk mengatasi hal tersebut bagi ibu-ibu dalam masa hamil dianjurkan untuk membaca beberapa surah dalam al-quran, 

tujuannya ialah mengharap kelancaran dikala kelahiran tiba, begitu juga pastinya mengharap bayi yang dalam kandungan menjadi anak sholeh dan sholeha, tidak dapat dipungkiri selain ganteng dan mengagumkan yang menjadi impian seorang keluarga. menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua, bermanfaat terhadap orang lain, dan menjadi generasi penerus bangsa.

Dalam masa kehamilan sering juga rasa malas terus menimpa, hal itu disebabkan karena banyaknya cobaan yang memang diperuntukkan kepada ibu-ibu pada masa hamil, bagi perempuan kelahiran yaitu hal yang menjadi sebuah angan-angan dimasa setelah pernikahan. hingga seringkali karena takut dan ragunya yang terlalu besar memutuskan tidak memiliki keturunan. naudzubillah. semoga tetap semngat dan ditabahan hatinya. maka dari itu silahkan simak tawaran dibawah ini untuk mengurangi hal-hal yang tidak di inginkan dan semoga dijauhkan dari gangguan syaithan.

Beberapa surah yang dianjurkan bagi ibu-ibu pada masa kehamilan.

  • Surah Al Fatihah. Al Fatihah yaitu surah yang diturunkan di Mekkah terdiri dari 7 ayat. salah satu keutamaan dari surah al-fatihah ialah sebagai penerang hati, baik ditujukan pada dirinya maupun terhadap bayi dalam kandungan. surat al fatihah juga memiliki keutamaan sebagai surah pembuka jalan fikiran yang jernih, menyebabkan anak cerdas dan berbudi luhur. Dalam surah Al Fatihah terdapat ayat yang artinya: "Hanya Engkaulah yang kami sembah, dan hanya kepada Engkaulah kami meminta pertolongan" (Al fatihah ayat ke 5). maka cukup terang bahwa dalam ayat diatas bahwa derma hanya dari allah semata, dan hanya kepadanya menyembah.
  • Surah Luqman. Surah Luqman yaitu surah ke 31 yang tergolong pada surah Makkiyah terdiri dari 34 ayat. yang memiliki kandungan cerita  bagaimana luqman mendidik anaknya. sebagai mana yang terdapat pada salah satu ayat tersebut yang artinya 
 "Wahai putraku, bahwasanya sekalipun terdapat (kebaikan) seberat biji sawi yang berada di dalam watu atau di langit atau di bumi, Tuhan akan menghadirkannya. bahwasanya Tuhan Maha Teliti, Maha Memahami. wahai putraku, dirikanlah shalat dan tekunilah kebaikan dan hindarilah kejahatan serta bersabarlah (tenang) terhadap yang menimpa dirimu, bahwasanya yang demikian termasuk hal-hal yang diharuskan. dan jangan memalingkan wajahmu terhadap insan dan jangan berlaku sembarangan di bumi. sungguh, Tuhan tidak menyukai setiap orang yang congkak, berkeras diri. dan berjalanlah secara berhati-hati dan rendahkan suaramu. bahwasanya bunyi paling garang yaitu bunyi keledai. (Ayat:12-19).
dapat disimpulkan bahwa tanggung jawab sepenuhnya terhadap anak ialah ada pada orang tua, sebagai penentu perkembangan anak mulai dari kandungan hingga tumbuh deawasa.
  • Surah An Nahl. surah yang terdiri dari  128 ayat dan termasuk surat al-makiyah yakni surah yang diturunkan dikota mekkah dan termasuk surah ke 16 dalam urutan surah al-qur'an yang memiliki arti ( Lebah). jikalau mengambil dari artinya salah satu keutamaan surah An Nahl ialah menghrap anak menjadi abjad yang rajin tidak mudah putus asa dapat mudah bergaul untuk menyusun kemaslahatan bagi sesama, juga sebagai doa meneguhakan pendirian. hal itu dilihat dari cara hidup lebah mulai dari memangun rumah, dan mengumpul madu hingga bermanfaat terhadapat manusia.
  • Surah Al Hujurat. Surah Al Hujurat terdiri dari 18 ayat dan merupakan surah ke 49 dalam Al-Qur'an. Surah ini tergolong dalam surah Madaniyah yakni surat yang diturunkan dikota madinah. slah satu keutamaan yang ada pada surah ini ialah untuk doa menyebabkan watak anak tidak ceroboh dan berhati-hati dalam kehidupan bersosial. serta menyebabkan abjad anak yang rajin dan taat terhadap kewajiban.
  • Surah At Taubah. merupkan surat yang ke 9dalam al Qur'an  yang terdiri dari 129 ayat tergolong surat madaniyah yakni surah yang diturunkan dikota madinah. Kerusakan didunia dilatar belkangi oleh manusianya sendiri, tidak akan berubah nasib atau perilaku insan kecuali berusaha merubah sendiri. jikalau mengambil dari kandungan dan arti surah at-taubah memiliki beberapa keutamaan salah satunya ialah menumbuhkan jiwa yang baik dan menjauhi larangan, yaitu dapat mencegah diri dari perbuatan maksiat. sekalipun pada hakikatnya tidak ada kebenaran yang lebih benar melainkan allah.
  • Surah Maryam.beberpa keutamaan dari surah Maryam ialah dimudahnya dalam kelahiran dan ketabahan hati dan kesabaran dalam masa hamil. sebagaimana kisah siti maryam yang hamil tanpa seorang suami, yang kemudian mengasingkan diri dan menyerahkan segala persoalannya kepada allah, memohon diberikan anak yang shaleh dan sholeha pada akibatnya lahirlah putra yang berjulukan Isa yakni insan yang dipilih untuk memberikan perintah perintah allah dan segala kuasa hanya milik allah.
  • Surah Yusuf. beberpa keutamaaan dari surah yusuf ialah  Sebagaimana yang telah diketahui bahwa Nabi Yusuf yaitu nabi yang paling tampan, dengan cobaan yang ditimpanya namun Yusuf tetap sabar dan tegar dalam menghadapi problem tersebut.salah satu keutamaan dari surah yusuf ialah doa semoga bayi yang akan lahir ganteng baik secara dhohir maupun bathin.
  •  Surah Yasin.Surah yasin yaitu surah yang memiliki banyak keutaman salah satunya untuk ibu yang hamil sebagai penerang hati dan fikiran menghadapi problem dalam masa hamil, seain sebagai doa yang menyebabkan bayi kelak dijauhkan dari gangguan syaithan dan penerang fikirn dalam hidupnya.
Itula tawaran islam bagi wanita / ibu-ibu pada masa hamil semoga dapat bermanfaat dan dikabulkan segala doanya dan diberi anak yang sholeh ketika laki-laki dan sholehah ketika perempuan. wallahu a'lam.  aaminn.

Rekomendasi Surah yang Dianjurkan untuk Dibaca oleh Ibu Hamil