Latest News

Penjelasan Hari Akhir - Syhirot Jembatan Allah.

Kali ini kita bahas perihal pengertian hari final/akhir atau disebut hari kiamat, sebagaimana yang sudah selayaknya sobat ketahui dan sobat pahami wajib meyakini perihal akan terjadinya hari kiamat, alasannya ialah sebagai muslim selain meyakininya apakah manfaat memahami esensi dari hari final tersebut, apakah hanya sekedar dongeng saja.

Sebagai muslim yang memang ingin menelaahnya silahkan lanjutkan membaca dan resepi apakah ada perubahan psikis terhadap diri sahabat. jikalau kita tidak meyakini dengan adanya hari final menurut ulama pada umumnya kita termasuk orang-orang yang tidak mempercayai adanya yang kuasa dan tidak percaya akan adanya al-quran. Dalam al-quran firman allah:

ليس البر ان تولوا وجوهكم الي المشرق والمغرب ولكن البر من آمن  با الله واليوم الاخر  والملائكة والكتاب والنبيين

Artinya: "bukanlah menghadapkan wajahmu ketimur dan kebarat suatu kebajikan, akan tetapi bekerjsama kebajikan itu ialah orang yang beriman kepada allah, beriman kepada hari akhir, iman kepada para malaikat, iman dengan kitab - kitab dan para nabi".( Qs. Al baqoroh. 177 )<hr/>

Dan hadist nabi dikala ditanyai perihal ma'na iman.

ان تؤمن بالله وملائكته وكتبه ورسوله واليوم الاخر وتؤمن بالقدر خيره وشره
Artinya: "Makna iman kepada allah ialah, iman kepada allah iman kepada malaikat allah, iman kepada rosull dan hari akhir, iman dengan qodho' dan qhodar allah."

Meyakini adanya adanya hari hari final termasuk rukun iman yang nomer lima, yang mana orang islam wajib tau jumlah rukun iman. Kemudian setelah mengetahui dali wajib mengemani hari final sekarang mencar ilmu perihal unsur-unsur hari akhir. Yang mana unsur hari final akan ditulis dibawah ini:

1. Yaumul ba'ats.
Yaumul baats ialah hari dimana orang yang sudah meninggal dimuka bumi ini akan dihidupkan kembali, dan digiring dikumpulkan kepadang mahsyar untuk menunggu panggila, dan adanya pengadilan tanggung jawab yang pernah dilakukan didunia.

2. Yaumul hisab.
Yakni dimana orang akan diminta pertanggung balasan semua yang dilakukan dibumi, baik dan buruknya. Yaumul hisab terjadi setelah yaumul baats yang nomer satu.

3. Yaumul jaza' 
Yakni hari dimana orang akan mendapatkan pengadilan. Jika memang di dunia berbuat tidak baik, bermaksiat pada allah maka orang tersebut akan mendapatkan raport untuk masuk pada tempatnya yang disediakan.
Jika didunia tidak bermaksiat pada allah dan baik kepada sesamanya maka beliau akan juga mendapatkan raport dari allah untuk masuk pada tempatnya yang disediakan.

4. Surga dan neraka.
Maka lanjutan dari nomer 3 jikalau seorang tadi mendapatkan raport merah, dalam arti pada waktu dunia selalu bermaksiat pada allah maka beliau akan dimasukkan ketempat yang berjulukan neraka.
Untuk yang mendapatkan raport putih, dalam arti memiliki kebaikan didunia dan tidak bermaksiat pada allah maka akan dimasukkan pada tempatnya yang mengagumkan dan tidak ada satupun yang menandingi keindahan kawasan itu, yakni syurganya allah swt. Azza wajalla.

Namun sebelum kita nantinya masuk pada syurga, aamiin. Tuhan menimbulkan jembatan yang dinamakam shirat, yakni jembatan yang menghubungkan pada syurga.

Namun dibawah jembatan itu ialah neraka, siapakah orang yang akan berjalan terlebih dahulu dishirat itu, yang berjalan disyirot itu ialah nabi muhammad saw.

Namun soal berita perihal jembatan shirat yang seakan rambut dibelah tujuh, belum ada yang menjelaskan secara detail. Nabi muhammad hanya menjelaskan bahwasannya jembatan itu sangat licin dan bergoyang, dan besi yang akan menyambar dari sampingnya.

Maka hal itu sekalipun halusnya sehalus hingga kaki menjadi luka tetap saja  kita semua akan mampu melewati jembatan itu, alasannya ialah allah swt, lebih kuasa dan memang shirat ialah ciptaan allah untuk jembatan.

Yang akan menjadi pegangan ialah hanya amal kita yang pernah ditanam didunia, maka perbanyaklah berbuat amal baik, dan menjauhi larangan allah swt. Semoga kita selamat baik didunia maupun di alam abadi kelak. Amiin biar yang membaca ini dapat mengambil pesan yang tersirat akan adanya hari final yakni yaumul qiyamah. Dan juga biar kita lebih meningkat taqwanya pada allah swt. Aamiin. Semoga bermanfaat.