Latest News

Keutamaan dan Manfaat Sholat Dhuha

Gambar: menunaikan ibadah sholat.
Sholat dhuha ialah sholat yang dikerjakan pada dikala naiknya matahari setinggi tombak hingga waktu tergelincirny ( zawal) menjelang waktu dhuhur, untuk jumlah raakaat dalam sholat dhuha minimal dua rakaat, boleh empat rokaat. Namun yang lebih utama dari keduanya yaitu berupa delapan rokaat.

Surah yang disunnahkan dan dianjurkan dibaca:
Surah yang disunnahkan dibaca ialah pertama  ( والشمس ) sedangkan pada rakaat kedua ialah surah ( والضحي ) untuk rakaat berikutnya setiap rakaat pertama membaca surah (  الكافرون ) sedangkan pada rokaat kedu membaca surah ( الاخلاص )

Sholat sunnah dalam bahasa arabnya al-nafl dengan pengertian secara bahasa yakni tambahan, sedangkan menurut istilah fiqih ialah shalat yang dianjurkan untuk dikerjakan dan boleh ditinggalkan.
Fungsi dari sholat sunnah ialah sebagai penyempurna kekurangan yang terdapat dalam sholat fardlu.

Hadist nabi yang berisi tawaran untuk menunaikan ibadah shalat dhuha:Barang siapa yang keluar menuju sholat dhuha, dan tidak ada yang membuatnya capek kecuali sholat itu, maka pahalanya laksana melaksanakan umrah. Hr. Abu Dawud.
Rasulullah mewasiatkan kepadaku 3 perkara: puasa 3hari setiap bulan, 2 rakaat setelah dhuha, dan sholat witir sebelum tidur. Hr. Bukhori Muslim.

Selain anjuran-anjuran diatas. sholat dhuha juga memiliki banyak keutamaan dan manfaatnya untuk kehidupan dunia dan alam abadi kelak, bagaimana nabi menganjurkan jikalau tidak ada manfaat pada ummatnya. Salah satu dari manfaat sholat dhuha ialah:

Sholat dhuha memiliki banyak manfaat selain untuk ruhaniyah juga berfungsi untuk kesehatan menyerupai pola ketika melaksanakan gerakan mulai dari gerakan takbir sudah tanpa disadari  melakukan olahraga, manfaat sholat dhuha untuk ruhaniyah.
  • 1. Mentenangkan jiwa. Seseorang yang melaksanakan sholat dhuha akan menerima ketenangan dan hati yang tentram, dalam arti sekalipun banyak masalah kita mampu lebih hening dalam menjalinya.
  • 2. Dijauhkan dari strees. Melaksanakan sholat dhuha akan menjaga fikiran selalu tetap setabil dan memiliki solusi dalam mengambil tindakan, sekalipun tidak begitu memuaskan, namun dari kita sudah mendapat solusi itulah adanya manfaat dari sholat dhuha. Manfaat lain dari sholat dhuha banyak sekali, selain untuk membersihkan wajah setiap hari, juga tawaran kita sellu menjaga kebersihan alasannya kebersihan ialah sebagian dari iman, yang menjadi ciri khas muslim yang bertaqwa dan beriman.
Setelah kita tau wacana beberapa manfaat sholat dhuha kita berguru lagi mengetahui wacana keutamaan sholat dhuha' alasannya apa ? Khususnya untuk memantapkan hati dan kekhusu'an kita pada waktu melakukannya. Dibawah ini beberpa keutamaan melaksanakan sholat dhuha.

Hadist nabi muhammad saw yang diriwayatkan oleh Abu dzar :
يصبح علي كل سلامي  من احدكم صدقة وكل تسبيحة صدقة وكل تحميدة صدقة وكل تهليلة صدقة وكل تكبيرة صدقة وامر بالمعروف صدقة  ونهي عن المنكر  صدقة ويجزي ء من ذلك ركعتان يركعهما من الضحي
Padi hari diharuskan bagi seluruh persendian antara kalian semua untuk melaksanakan sedekah, setiap bacaan tasbiih mampu  sebagai sedekah, setiap bacaan tahmid mampu sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil mampu sebagai sedekah, setiap bacaan tahlil mampu sedeka, setiap bacaan takbir mampu sedekah, menyeru untuk kebaikan mampu sebagai sedekah, melarang perkara mungkar ialah sedekah, ini semua mampu dicukupi dengan sholat dhuha 2 rakaat. HR. Muslim.

Sebagai mana hadis lain yang menjelaskan wacana banyaknya persendian insan keturunan adam ialah sebanyak 360, namun 360 persendian ini yang dianjurkan bersodaqoh ialah dapat digantikan dengan hanya shalat dhuha 2 rakaat.

Sholat dhuha juga memang memiliki banyak keutamaan diterangkan dalam hadist juga, orang yang melaksanakan sholat dhuha akan dijauhkan dari dosa selama sehari, jikalau berbuat dosa maka akan diampuni. Sebagian lagi menyebutkan orang yang mengerjakan sholat dhuha maka persoalannya akan dimudahkan sebagaimana kandungan teksnya, awalilah pekerjaanmu maka dalam sehari akan diberi kelancaraan oleh allah swt.

Semoga kita semua dapat meningkatkan amal amaliyah yang sangat midah dan memiliki banyak menfaat dan keutamaan ini, bagi sobat yang ingin mengeshare dipersilahkan biar sama sama mengerti wacana keutamaan sholat dhuha', lebih bajyak yang mengamalkan maka lebih banyak pula pahala yang didapatkan. Aamiin.