Latest News

Trik menghilangkan Grogi dan Bacaan Menjawab Wali Pada Kesepakatan Nikah.



Alhamdulillah. Sedikit kami kupas untuk teman yang akan hampir janji nikah, biasanya teman terkadang kebingungan karena mental yang kurang, disebabkan karena banyaknya orang atau saksi yang ada disekelilingnya, terlebih yang menjadi saksi biasanya para kyai, guru ngaji, dan para tokoh masyarakat yang kita segani, karena hal itu terkadang banyak diantara kita ketika pelaksanaan janji sering terjadi  keliru dalam menjawab janji yang dinahkodai oleh seorang wali, atau wakil wali ( mudin ) pada ketika janji pernikahan. Dari apa yang sering terjadi akan kami kupas bagaimana cara untuk mengurangi rasa gugup dan mental yang kendor menghadapi ha tersebut begitu juga bacaan yang perlu dihafal dan dipelajari.
Gambar: Resepsi Pernikahan
Pertama ketika kebingungan atau gugup pada ketika pernikahan.
Mempersiapkan apa yang diharapkan ketika janji hendak berlangsung dijauh hari, dan dipelajari biar lebih mantap keyakinan teman ketika program pernikahan berlangsung. Terutama pada ketika menjawab ijab kabul yang dipimpin oleh seorang wali  dan wakil ( mudin), juga menghafal doa tanggapan ketika janji nikah. Hal ini melihat dari beberpa kejadian yang ada banyak kesalahan dalam pengucapan mempelai laki-laki ketika menjawab janji yang dituntun oleh seorang wali atau pun wakil (mudin). Dibawah ini akan kami tulis doanya untuk teman mempersiapkan dan mempelajarinya sebelum ijab kabul berlangsung, dan juga sunnah dipelajari oleh yang masih sendirian. Iiii

  • Saat wali mengucapkan :
ولي : أنكحتك وزوجتك (...) موليتي بمهر ألف روبيه حالا

Artinya : Saya nikahkan dan saya kawinkan kau dengan (nama mempelai perempuan), perempuan yang menjadi kuasaku, dengan mahar seribu rupiah dibayar kontan.

  • Maka mempelai menjawab:
الزوج : قبلت نكاحها وتزويجها لنفسي بالمهر المذكور حالا

Artinya : Saya terima pernikahan dan perkawinan ini untuk saya, dengan mahar yang telah disebutkan secara kontan.

Jika janji pernikahan diwakilkan terhadap orang lain maka caranya berbeda : ialah harus ada shigot taukil (pengucapan pewakilan). Dibawah ini bacaannya.

  • Saat wali mengatakan:

وكلتك في تزويج (...) بنتي عن (....) بمهر ألف روبية حالا

Artinya : "Aku wakilkan kepadamu untuk menikahkan (nama mempelai perempuan), anak perempuanku dengan Zaid sebagai calon suami, dengan mahar seribu rupiah kontan."

  •  Maka wakil wali menjawab:
قبلت توكيلك في تزويجها عن (....) بالمهر المذكور حالا

"Saya terima perwakilanmu untuk menikahkan anak perempuanmu dengan (mempelai laki-laki)

kemudian ketika wali sudah mewakilkan pengakatan terhadap orang lain maka kita akan lanjut beralih kepda pembahasan selanjutnya,,, semoga bermanfaat kepada teman pembaca yang budiman. Pewakilan terhadap orang lain sering terjadi disetiap janji pernikahan diplosok nusantara ini entah karena alasan apa apakah karena belum mengerti atau memang untuk menghormati para kiya i dan guru maupun mudin yang sangat di ta’dzimi. Setelah itu ijab kabul sepenuhnya dierikan terhadap wakil simak bacaannya dibawah ini.
  • Ketika wakil wali mengucapkan :
وكيل ولي : أنكحتك وزوجتك (....) بنت ... موكلي بمهر ألف روبية حالا
Artinya :"Saya nikahkan dan saya kawinkan kau dengan (Laila), anak perempuan Ahmad sebagai orang yang mewakilkan kepadaku, dengan mahar seribu rupiah kontan."
  • Maka mempelai laki-laki menjawab:
الزوج : قبلت نكاحها وتزويجها لنفسي بالمهر المذكور حالا
Artinya :"Saya terima pernikahan dan perkawinan ini untuk saya, dengan mahar yang telah disebutkan."
Trik menghilangkan Grogi dan Bacaan Menjawab Wali Pada Kesepakatan Nikah.

Itulah hal yang biasa terjadi ketika pernikahan. Hal ini untuk mengurangi rasa gugup teman dalam masa keraguan menuju janji pernikahan yang ditunggu-tunggu, selain itu dianjurkan untuk membaca beberapa doa yang teman ketahui apapun untuk karena doa juga membantu meringankan keraguan dan mental yang nge drop ketika menghadapi masalah lebih-lebih yakni masuk dalam pembahasan. Tidak banyak cara yang dapat disampaikan hanya pengenalan untuk materi persiapan sahabat. Semoga bermanfaat aamin.