Latest News

Keutamaan dan Fadhilah dari Surah Yasin

Surat Yasin, pastinya tidak aneh lagi kan dipendengaran kita, biasanya jamaah muslimin wal muslimah menyebut dengan nama yasinan, dan terbanyak dan popular yakni dilakukan pada hari kamis malam jumat. bahu-membahu tidak hanya dilakukan pada malam jumat saja, tetapi mampu dilakukan pada hari hari selainnya baik hari senin, selasa, rabu dan seterusnya dengan tanpa mengkhususkan malam jum'at hanya malam atau hari untuk membaca surah yasin alasannya ialah tidak ada ketentuan baik dalam hadist maupun al-qur'an yang menjelaskan dan menentukan kapan membaca surah yasin. jadi untuk teman yang belum mengerti jangan salah dalam memahami duduk perkara membaca yasin di malam jum'at.

Hanya saja pada malam jum'at memiliki keutamaan-keutamaan dibanding dengan hari-hari yang lainnya, hari jumat ialah menyerupai bulan Rhamadan yakni lebih baiknya bulan dibanding bulan yang lain. bukan berarti bulan yang lain tidak memiliki keutamaan, banyak juga pada bulan selain bulan Ramadhan yang memiliki keutamaan dan rasia allah yang tidak diketahui, semisal bulan Maulid yakni memiliki keutamaan dikarenakan bulan maulid merupakan bulan dimna nabi saw dilahirkan. 

akan kami kupas sedikit mengenai keutamaan dihari dan malam  jum'at .Salah satu keutamaan hari dan malam jum'at. salah satunya
  • 1 hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah Nabi Bersabda: Hari terbaik dimna hari itu terbitnya mataharo ialah hari jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan , dimasukkan surga serta keluar darinya, dan selesai zaman tidak akan terjadi kecuali hari jum'at."
  • 2. Dawuh Abu Hurairah Nabi muhammad pernah bersabda:sesungguhnya pada hari jumat terdapat waktu yang mustadjab bila seorang hamba muslim melakukan sholat dan memohon pada Tuhan pada waktu itu, Niscaya Tuhan akan mengabulkannya. Nabi muhammad mengisyaratkan  dengan tangan dia sebagai gambaran akan sedikitny waktu itu.
Kembali terhadap pembahasan awal mengenai keutamaan- keutamaan membaca surah yasin, hanya saja teman muslimin dan muslimah salah persepsi yakni takut ada dugaan bahwa membaca yasin hanya di anjurkan pada hari jumat. jadi dengan menjelaskan dahulu layaknya mempermudah teman untuk lebih giat dalam mengamalkan membaca al-qur'an atau kalamulloh.

membaca yasin aneka macam keutamaannya, sehingga dalam membaca surat yasin terkadang tergesa-gesa alasannya ialah kepentingan maupun urusan duniawi dan terkadang lagi kita lupa dan selalu menomer satukan pekerjaan, jarang sekali untuk menyempatkan dalam sehari satu kali membaca al-qur'an misalnya membaca surah yasin yang memiliki banyak keutamaan.

Seperti yang saya singgung diartikel sebelumnya surah di dalam Al quran terdiri dari dua surah, yaitu surah yang diturunkan dikota mekkah yang disbut makiyah. Dan surah yang diturunkan di kota Madinah yang disebut Madaniyah. adapun surah yasin di turunkan di kota mekkah al mukarromah, yang terdiri dari 83 ayat.
Salah satu dari keutamaan surah yasin bagi yang membacanya iayalah mirip hadist Nabi berikut ini :
  • 1. Hadist yang diriwayatkan Abu Hurairah , dan Kanzul Umai : barang siapa yang membaca surah yasing setial malam maka sia akan diampuni.
  • 2. Barang siapa yang membaca surah yasin diwaktu malam, maka diwaktu shubuh ia menjadi orang yang menerima ampunan.
  • 3. Tiada orang akan mati, lalu dibacakan surah yasin disisinya, kecuali allah akan memudahkan kematiannya.
Psikologi ID

Dapat disimpulkan setelah sahabat membaca dengan teliti dapat dicerna bahwa memang surah yasin dan keutamaan malam jum'at memang memiliki rahasia tersendiri. hal ini dibuktikan dengan perintah nabi terhadap Ali bin Abi thalib: pada suatu ketika nabi pernah mengajarkan pad Ali bin Abi tholib semoga bangun disepertiga malam, tak lain untuk mendirikan sholat malam dan membaca surah yasin. pada malam jum'at.

Manfaat dan khasiat surah Yasiin.

Surah yasin didalamnya mengupas penjelasan  wacana keimanan seorang muslim, dengan ditandai dengan adanya hari kebangkitan kelak setelah kiamat. kalau seseorang sadar betul akan isinya pada ketika membaca dihayati dengan artinya maka teman akan mencicipi betapa liciknya dunia ini yang membuat diri sahabat diombang ambing oleh dunia.
  Selain itu surah yasin dapat memudahkan seseorah hendak menghembus nafas terakhir/ sakaratul maut. jadi kalau dari keluarga tetangga dan orang yang sakaratul maut hendaklah bacakan surah yasin. maka insha allah akan dimudahkan oleh allah. pendapat ulama ada yang mengatakan yasin ialah jantung Al quran siapa saja yang membacanya semata- mata krena Tuhan , dan berharap kebahagiaan didunia dan akhirat, maka ia akan diampuni segala dosanya.

Keutamaan dan Fadhilah dari Surah Yasin