Latest News

Ciri dan Kriteria Wanita yang Sholehah - Kajian

Ilustrasi : Wanita shaleha
Seseorang tidak mungkin akan menajalani hidupnya sendirian sepanjang hidupnya, alasannya yakni tanpa adanya pendamping hidup menurut sastra bagaikan alam tak berbunga, dalam arti lain pasti bagi manusia yang normal ingin memiliki pasangan hidup dalam dunia yang penuh liku ini, ingin memiliki penyemangat dalam hidupnya, untuk menuju jati diri yang bekerjsama selain dari pada itu.

Memanglah memang dianjurkan bahkan sunnah nabi. Menikah yakni suatu keajaiban dimana disitu akan menemukan hal hal yang begitu manfaat untuk dirinya.

keterangan dalam hadist nabi :
الدنيا متاع وخير متاع الدنيا المراة الصالحة

Artinya : "Sesungguhnya dunia itu yakni perhiasan, dan sebaik-baiknya komplemen dunia yakni wanita sholehah." ( HR.muslim no: 1467 ).

Melihat dari isi dan makna dari hadist diatas ialah sealaim makna terangnya juga memiliki makna ajuan kepada para perjaka untuk mencari pasangan hidupnya yakni calon pasangan yang sholehah, yang mampu mengerti kondisi suami dan selalu mengerti lebih-lebih menjadi sahabatnya.

Untuk itu marilah kita belajaar menyerupai apakah wanita yang sholehah itu ? 

Ciri-cri wanita sholehah dibawah ini :
1. Takut pada Allah.
Wanita yang baik / sholeha pasti tidak akan melaksanakan perbuatan yang sudah dilarang allah swt, dan tidak pernah menampakkan dirinya kecuali memang waktu-waktu tertentu.

Karena dalam hadist nabi menganjurkan untuk tidak menilai dari kecantikannya, tidak menilai dari kekayaannya, tidak menilai dari sisi duniawinya, tetapi nabi menganjurkan untuk memilih wanita yang baik agamanya.

2. Takut pada kedua orang tuanya.
Perempuan yang shalihah ialah prempuan yang senantiasa menjaga akhlaqul karimahnya pada orang tua, dan selalu kelihatan bersih dari segi penampilan maupun kawasan tinggalnya. Tak luput juga ialah berbahasa halus pada orang tunya.

3. Bisa membaca al quran.
Bisa membaca al-quran yakni keharusan perempuan yang sholehah alasannya yakni perempuan yang mampu baca al quran mampu dipastikan beliau sudah tertanam dalam hatinya yakni akhlaqul karimah,  pastinya memiliki guru pada ketika beliau menuntut ilmu supaya mampu mengaji. Lebih juga hafal al quran msya allah.

Maka dari itu pastilah beliau akan menghormati suaminya nanti, mampu bagaimna melantunkan perkataan lembut pada suami, menghormatinya bahkan jikalau hafal al quran akan menjadi penyelamat keluarganya.

4. Memiliki akhlaqul karimah.
Seorang wanita dapat diketahui akhlaqul karimahnya salah satunya dari perkataannya yang sopan, dan tidak menyinggung orang lain baik dari omongan maupun tingkah laku.

5. Sabar.
Wanita sholehah ialah pastinya akan nempel dalam dirinya sifat sabar, tidak pernah telontar perkataan yang bernada tinggi, bahkan tidak akan berbiacara kecuali hanya seperlunya saja, tidak suka ngerumpi dan berkumpul dengan yang lain, kecuali membahas apa yang bermanfaat pada dirinya dan orang lain.

Tidak mudah marah dalam setiap kondisi baik kondisi sedang diejek maupun di caci oleh temannya, tetapi beliau akan bersifat arif balig cukup akal dan tidak menganggap perkaataan orang yang mengejeknya.malah beliau akan bersifat dan menanggapi mereka dengan penuh motivasi.

6. Memiliki sifat keibuan.
Wanita yang sholeha ialah wanita yang memiliki sifat keibuan, tidak mementingkan dirinya sendiri, tetapi beliau akan lebih peduli pada orang lain dan menanggapi orang lain dengan penuh kasih dan sayang. Mencintai anak kecil dan  membelajari mereka dengan perkataan yang lembut dan tak tergesa-gesa.

Sifat keibuan ini penting sekali alasannya yakni ciri yang menyerupai ini memiliki sosial yang tinggi dan tak mudah putus asa dalam menggapai apapun dengan jalan diridhoinya.

7.  Tidak pernah melalaikan sholatnya.
Wanita yang sholehah pastinya selalu menjaga sholatnya, menjaga keistiqomahannya dalam menyembah allah, dan memaksimalkan untuk selalu sholat sempurna waktu kecuali ada kepentingan yang mendesak.
Baca kriteria wanita yang tidak di anjurkan dinikahi.

Yang nomer tujuh ini bekerjsama yakni pantas disandingkan pada nomer 3 namun, alasannya yakni pentingnya supaya tidak lupa saya taruh dibagian belakang supaya tidak mudah lupa, dan memang menjadi motivasi. Karena dalam Al-quran sholat yakni pencegah dari segala perilaku yang bernilai buruk.

Itulah beberpa pokok wanita sholehah, untuk para  pemuda khususnya ketika mencari pasangan hidup. Sebaik-baiknya hiasan yakni wanita, namun diatas sebagian tidak hanya berlaku pada perempuan saja, namun sebagian juga berlaku pada laki-laki semoga dapat membantu dan bermanfaat.

Ciri dan Kriteria Wanita yang Sholehah