Latest News

Anatomi dan Tips Merawat Otak yang Sangat Penting

Pada episode ini aku akan membahas episode tubuh insan yang sangat penting... yaa otak, otak merupakan sentra pengendali tubuh insan mampu di katakan otak merupakan "PROSESOR" insan bila di ibaratkan dalam dunia komputer yang berfungsi sebagai pengendali utama dari organ seluruh tubuh yang ada pada insan maupun hewan.

Gambar: resolusi anatomi

Disini kita akan mengenal anatomi atau bagian-bagian otak pada manusia, sekedar isu bahwasannya otak insan itu beratnya kira-kira 2% dari berat tubuh badan bagaimana hal itu terjadi? sobat mungkin penasaran dengan pernyataan semacam diatas silahkan sobat analisa terlebih dahulu dengan logika sobat sendiri kemudian nanti perbandingkan dengan bahan yang ada disini dan lainnya.

Otak insan di lindungi oleh beberapa bagian, mengenai hal ini sobat silahkan simak penjelasan dibawah ini. otak dilindungi oleh beberapa tulang:
  1. Tulang selaput
  2. Tulang meningus
  3. dan cairan cerebro spinalis.
Kemudian bagian-bagian otak dan tulang yang melindunginya meliputi tulang sebagaimana berikut :
  1. Tulag oksipitalis; yakni yang melindungi episode belakang otak, maka dari itu ketika jatuh baik berkendara maupun jatuh yang biasa saja. sangat berbahaya jikalau yang terbentur terlebih dahulu tulang oksipitalis yakni tulang yang sangat rentang akan benturan.
  2. Tulang frostalus yakni tulang yang melindungi episode depan otak atau tulang dahi, tulang frostalus berbeda dengan tulang oksipitalis yang tua terhadap benturan, tulang dahi itu yaitu tulang yang lebih berpengaruh dibanding tulang tulang kepala belakang. maka tidak terlalu dikhawatirkan akan terjadinya cidera ketika terjatuh yang terbetur tulang dahi terlebih dahulu.
  3. tulang etmoid tulang tapis. Sebagai salah satu tulang mata yang membentuk dinding belakang lekuk mata, yang juga berfungsi sebagai pelindung bagi otak manusia.
  4. tulang parietalis atau episode atas otak atau sering kita kenal dengan nama ubun-ubun.Tulang parietal yaitu tulang di tengkorak insan yang, ketika bergabung bersama-sama, membentuk sisi dan atap dari tempurung kepala. Setiap tulang sekitar quadrilateral dalam bentuk, dan memiliki dua permukaan, empat perbatasan dan empat sudut. Diberi nama dari bahasa Latin pariet yang dinding.
  5. tulang temporalis atau tulang pelipis. Fungsinya untuk melindungi lobus-froto temporalis dan otak besar. Selain itu jg kawasan melekat otot temporalis, kawasan dinding rongga orbita. Sebagai kawasan kelenjar hipofisis (master of gland).letaknya di tulang tempurung kepala, diatas tulang pipi.
    wah ternyata bukan hanya tulang tengkorak saja ya.. yang melindungi otak kita. Maka dari itu sudah sepatutnya kita menjaga dan merawat otak kita sepanjang waktu. misalkan dengn memakai helm pada ketika bersepeda, menjauhkan dari reruntuhan misalnya, dll.karena cidera sedikit saja pada episode otak kita, maka akan mensugesti semuanya.... Baik kesehatan fisik maupun lainnya.

    Perhatian lagi nih,,, bagi ibu-ibu yang lagi punya bayi yang masih berusia 1 bulan - 2 tahun, untuk lebih berhati-hati alasannya yaitu tulang pelindung yang meliputi otak, masih sangat muda dan mampu terjadi fatal, apabila terjadi hal yang tidak diinginkan. Misalnya ; jatuh dari ranjang, maupun pada ketika bermain.

    Terimakasih cukup sekian artikel ihwal anatomi atau bagian-bagian otak, tunggu pembahasan berikutnya.  berharap dari penjelasan diatas dapat membantu sobat yang penasaran dengan pernyataan diatas tadi sebagai dasar analisa.selamat membaca agar bermanfaat

    Anatomi dan Tips Merawat Otak yang Sangat Penting