Latest News

Pengertian Aqiqah dan Cara Lengkap ber Aqiqah

Bingung dengan aqiqah? bagaimana cara ber-aqiqah? apa itu aqiqah? dan masih resah dengan aqiqah. kali ini akan sedikit kami kupas sedikit untuk teman yang kebingungan dengan problem aqiqah, baik secara pengertian maupun tatacara inshaallah akan diulas dengan detail dan terprinci semoga bermanfaat amiin.

 kali ini akan sedikit kami kupas sedikit untuk teman yang kebingungan dengan problem aq Aqiqah| Pengertian Aqiqah dan Cara Lengkap Aqiqah
Gambar: kambing untuk aqiqah
Pengertian aqiqah
Secara etimologis (bahasa) aqiqah ialah memotong (al-qat'u) atau nama untuk rambut pada kepala bayi yang dilahirkan (اسم للشعر على رأس المولود). Pengertian lain Aqiqoh ialah sunnah Rosul yang didefinisikan sebagai penyembelihan hewan dalam rangka penebusan seorang anak. Sebab, sebagaimana sabda Nabi Muhammad salallahu `alaihi wasalam, tubuh seorang anak itu tergadaikan hingga ia di aqiqahi.

Dari Hadits tersebut di atas yang di riwayatkan oleh Turmudzi, Imam Ahmad Ibn Hambal berkomentar bahwa anak yang tidak diaqiqahi padahal orang tuanya sudah mampu, kelak di hari tamat zaman tidak akan bisa menunjukkan syafaat kepadanya. Menurut terminologi syariah (fiqih) akikah ialah hewan yang disembelih sebagai wujud rasa syukur atas karunia Tuhan atas lahirnya seorang anak baik laki-laki atau perempuan.

Dasar Hukum Aqiqah.
Hadits Riwayat Ahmad dan Imam Empat Hadits shahih menurut Tirmidzi.
كل غلام مرتهن بعقيقته تذبح عنه يوم سابعه ويحلق ويتصدق بوزن شعره فضة أو ما يعادلها ويسمى Artinya: Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, maka pada hari ketujuh disembelih hewan, dicukur habis1 rambutnya, dan diberi nama
  •  Hadits dalam sahih Bukhari
مع الغلام عقيقه فأهريقوا عنه دما وأميطوا عنه الأذى Artinya: Setiap anak bersama aqiqahnya, maka sembelihlah hewan dan hilangkanlah gangguan darinya
  • Hadits riwayat Abu Daud
أَنَّ رَسُولَ اَللَّهِ صلى الله عليه وسلم أَمْرَهُمْ أَنْ يُعَقَّ عَنْ اَلْغُلَامِ شَاتَانِ مُكَافِئَتَانِ, وَعَنْ اَلْجَارِيَةِ شَاةٌ Artinya: Rasulullah Shallallaahu 'alaihi wa Sallam memerintahkan mereka semoga beraqiqah dua ekor kambing yang sepadan (umur dan besarnya) untuk bayi laki-laki dan seekor kambing untuk bayi perempuan.
  • Hadits riwayat Malik dan Ahmad
  وَزَنَتْ فَاطِمَةُ بِنْتُ رَسُولِ اللَّهِ شَعَرَ حَسَنٍ وَحُسَيْنٍ، فَتَصَدَّقَتْ بِزِنَتِهِ فِضَّةً Artinya: Fatimah Binti Rasulullah SAW (setelah melahirkan Hasan dan Husain) mencukur rambut Hasan dan Husain kemudian ia bederma dengan perak seberat timbangan rambutnya.
  • Hadits riwayat Abu Daud dan Nasai
مَنْ اَحَبَّ مِنْكُمْ اَنْ يُنْسَكَ عَنِ وَلَدِهِ فَلْيَفْعَلْ عَنِ الْغُلاَمِ شاَتَاَنِ مُكاَفأَ َتاَنِ وَعَنِ الْجاَ رِيَةِ شاَةٌ Artinya: Barang siapa diantara kau ingin beribadah wacana anaknya hendaklah dilakukan aqiqah untuk anak laki-laki dua ekor kambing yang sama umurnya dan untuk anak perempuan seekor kambing
  • Hadits riwayat Abu Daud
 أَنَّ اَلنَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَقَّ عَنْ اَلْحَسَنِ وَالْحُسَيْنِ كَبْشًا كَبْشًا Artinya: Nabi beraqiqah untuk Hasan dan Husein masing-masing seekor kambing kibas.

Bacaan ketika menyembelih dan tata caranya.ketika penyembelihan sudah siap maka disunnahkan bagi yang menyembelih membaca niat untuk aqiqah (akikah) bagi anak yang hendak diaqiqohi: Teks Tulisan Arab: (sebutkan nama)... بسم الله، اللهم لك وإليك عقيقة Tulisan latin: Bismillah Allahumma laka wa ilaika aqiqatu ... (nama anak yang diakikohi).
kemudian bagaimana cara menyembelih hewan korban?
sering kali kita temui dikalangan masyarakat menyembelih hewan baik hewan untuk dimakan sendiri maupun hewan untuk ibadah yang kliru dalam tata caranya. bagaimana jikalau cara penyembelihan hewan kurban tidak benar semisal penyembelihan tidak putus, atau lupa membaca basmalah?. maka dari itu untuk sahabat-sahabat yang memiliki peran ataupun menyembelih untuk dimakan sendiri saran lebih berhati-hati.
Hukum ber aqiqah.
Bagaimana mengenai tawaran wacana aqiqah atau hukum akikah ada tiga pendapat ulama dalam problem status hukum akikah yang perlu diketahuioleh teman yait;  wajib, sunnah mu'akkad dan sunnah. Menurut madzhab Syafi'i hukumnya ialah sunnah (mustahab) apabila bisa maka jikalau sekiranya tidak dimungkinkan untuk dilaksanakan tidak dianjurkan untuk ber qiqah.
Syarat dan kriteria hewan aqiqah.
Syarat ialah hal penting yang perlu teman perhatikan dengan betul sebagai sarana penyempurnaan pelaksanaan aqiqah.langsung saja Adapun syarat hewan kambing yang dapat dijadikan aqiqoh itu sama dengan syarat hewan qurban (kurban) sebagaimana berikut:
  1. Kambing: tepat berusia satu tahun dan masuk usia dua tahun.
  2. Domba: tepat berusia enam bulan dan masuk bulan ke tujuh.
  3. Tidak boleh ada anggota tubuh hewan yang cacat.
  4. Dagingnya tidak boleh dijual.
Waktu yang baik untuk melaksanakan aqiqah.
Sahabat yang masih resah dengan pelaksanaan aqiqah dapat disimak penjelasan dibawah ini.
  1. Waktu pelaksanaan aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh lahirnya anak sekaligus memberi nama.
  2. Yang melaksanakan dan membeli kambing ialah orang renta anak yakni ayah sebagai kepala rumah tangga.
  3. Apabila aqiqah tidak dilakukan hingga anak mencapai cerdik baligh, maka gugurlah kewajiban aqiqah bagi orang tua.
  4. Anak yang belum diaqiqahi hingga baligh boleh beraqiqah untuk dirinya sendiri dan boleh tidak melakukannya.
Jumlah hewan aqiqah yang harus dipenuhi
Dalam ber-aqiqah ada cara berbeda antara aqiqah anak laki-laki dan aqiqah anak perempuan, jelasnya untuk anak laki-laki ialah 2 ekor kambing sedangkan akikah untuk anak perempuan cukup satu ekor kambing saja.

Jika ber-aqiqah satu kambing untuk anak laki-laki bagaimna? Jawab: Apabila orang renta tidak bisa untuk memberi aqiqah anak laki-lakinya dengan 2 ekor kambing, maka 1 ekor kambing dianggap sah. Syekh Nawawi Banten dalam Hasyiyah Fathil Qarib yang lebih dikenal Tausyih ala Ibni Qasim mengatakan pada intinya sebagaimana berikut.
Orang renta sudah terhitung mengamalkan sunah aqiqah bagi anak laki-lakinya hanya dengan menyembelih 1 seekor kambing. dikarenakan Rasulullah SAW sendiri mengaqiqahkan dua cucunya Hasan dan Husein dengan dua ekor domba. Masing-masing satu ekor.
Keutamaan dan fadhilah ber-aqiqah
  1. Merupakan bentuk taqarrub (pendekatan diri) kepada Tuhan sebagai pencipta sekaligus sebagai wujud rasa syukur atas karunia yang dianugerahkan Tuhan dengan lahirnya sang anak.
  2. Akikah sebagai sarana menampakkan rasa besar hati dalam melaksanakan syari'at Islam dan bertambahnya keturunan mukmin yang akan memperbanyak umat Rasulullah SAW pada hari kiamat.
Pembagian daging aqiqah
Seringkali para teman kebingungan dengan aqiqah salah satunya wacana pembagian daging aqiqah penjelasannya Pelaku aqiqah yakni orang renta bayi hendaknya memberi makan pada fakir miskin dengan memasak daging aqiqah sebagai lauknya. yang mana pembagian tersebut dapat berupa usul atau pun dikasihkan diantar kerumahnya. itulah beberapa ulasan mengenai pengertian dan tata cara ber aqiqah semoga bermanfaat dan mudahkan teman yang masih kebingungan dengan pengertian dan cara aqiqah.

Pengertian Aqiqah dan Cara Lengkap ber Aqiqah